Kesiswaan SMA Islam Kepanjen, mengucapkan " SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1431 H " - Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amien.

PROPOSAL KEGIATAN

Kamis, 08 Juli 2010


PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARIER SERTA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS XI DAN XII
SMA ISLAM KEPANJEN
Tahun pelajaran 2010-2011.


A.     LATAR BELAKANG
Seiring dengan meningkatnya persaingan dalam dunia pendidikan dan dunia kerja yang semakin pesat tentu diperlukan usaha yang maksimal dari insan pendidikan untuk menghasilkan seorang lulusan yang memiliki prestasi gemilang baik dalam belajar maupun kariernya. Usaha-usaha yang dilakukan oleh para insan pendidik ada berbagai cara diantaranya memberikan siswanya dukungan berupa pemberian motivasi agar mereka kembali bersemangat untuk berprestasi ataupun memberikan orientasi serta informasi yang mereka butuhkan sebagai bekal mereka jika kelak terjun untuk bekerja di masyarakat.

Dari data yang kami ketahui sebelumnya tercatat bahwa tingginya minat siswa  untuk dapat meniti karier baik di bidang kemiliteran, kesehatan, dan dunia industri serta terjadinya pergeseran nilai sosial di masyarakat yang nampak dari meningkatnya jumlah kenakalan remaja baik berperilaku membolos, merokok, mengonsumsi narkoba, pergaulan bebas  atau perkelahian remaja yang terjadi di luar sana.
Dengan melihat fenomena yang ada maka sudah sepatutnya kita sebagai orangtua mewaspadai hal-hal tersebut agar tidak terjadi pada anak kita baik masalah kebingungan ketika menentukan masa depannya ataupun pengaruh perilaku sosial yang menyimpang (malasuai). Dengan begitu banyak dari para orangtua berusaha memberikan motivasi serta berusaha membentuk karakter anak yang sesuai dengan normatif. Begitu pula dengan para siswa SMA , khususnya bagi mereka yang sekarang duduk di bangku kelas sebelas dan dua belas yang tidak lama lagi mereka memasuki dunia pendidikan yang lebih tinggi ataupun dunia kerja. Tentunya adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi para siswa jika mereka dapat meraih cita-ciatanya dan menjadi sebuah harapan besar bagi kita semua jika kita dapat membantu mereka untuk memberikan motivasi kepada mereka serta memberikan informasi yang mereka butuhkan.
Mengingat pentingnya hal tersebut bagi para siswa, kami selaku insan pendidikan SMA ISLAM KEPANJEN berniat untuk menyelenggarakan kegiatan dalam rangka menumbuhkan motivasi siswa agar lebih berprestasi serta memberikan bekal informasi kepada mereka tentang apasaja yang harus mereka siapkan jika mereka akan terjun ke masyarakat nantinya serta membentuk perilaku yang adaptif.
Untuk dapat memberikan hal tersebut diatas kepada para siswa kami maka kami membutuhkan bantuan dari berbagai pihak (instansi terkait) agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh siswa kami dari narasumber yang berkaitan langsung. Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan tujuan kami dalam membentuk siswa yang memiliki prestasi gemilang serta memiliki kepribadian yang  mantap dapat terwujud.

B.     TUJUAN KEGIATAN
1.      Membantu meningkatkan prestasi siswa melalui pemberian motivasi
2.      Membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap dunia pendidikan lanjutan ataupun karier
3.      Membantu mengindentifikasi secara dini persiapan yang dibutuhkan untuk dapat meraih cita-cita mereka
4.      Memberikan informasi yang dibutuhkan siswa berkaitan dengan kehidupan sosial
5.      Membentuk karakter siswa yang memiliki kepribadian mantap dan bertanggung jawab serta bertaqwa kepada Tuhan YME

C.     NAMA KEGIATAN
“PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KARIER SERTA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS XI DAN XII
SMA ISLAM KEPANJEN”

D.    SASARAN KEGIATAN
1.      Seluruh Siswa Kelas XII  (212 Siswa)
2.      Seluruh Siswa Kelas XI (208 Siswa)

E.     WAKTU DAN TEMPAT
1. Waktu   : Kegiatan akan dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai tanggal 13 Juli 2010 sampai dengan 15 Juli 2010 (Senin-Rabu)
2. Tempat  : SMA ISLAM KEPANJEN

F.      BENTUK KEGIATAN
1.      Kegiatan dilakukan dengan membagi menjadi 2 rombongan belajar yaitu rombongan siswa kelas XII dan rombongan belajar siswa kelas XI
2.      Penyampaian materi dilakukan secara klasikal dengan menggunakan metode yang disesuaikan oleh nara sumber
3.      Jadwal serta content materi terlampir.
G.    PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dengan harapan dapat dipertimbangkan dengan baik dan mendapatkan dukungan penuh serta kerjasama dari semua pihak yang terkait demi kepentingan bersama. Kedepannya semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya.

0 komentar: